Godaan Kartu Kredit Yang Enggak Kamu Sadari

Kamu yang membaca artikel ini mungkin sebagian besar adalah pengguna kartu kredit. Yap, kartu kredit yang kamu gunakan itu adalah sebuah alat bantu transaksi apapun yang ditalangi terlebih dulu oleh bank. Nanti pada tanggal yang disepakati atau jatuh tempo, kamu harus membayar dana talangan yang sudah kamu gunakan. Beberapa orang memilih tidak menggunakan kartu kredit karena menganggap berhutang pada bank. Padahal, dengan pemakaian yang bijak kartu kredit bisa menolongmu untuk membayar keperluan mendesak.

Sebaliknya, jika salah pemakaian justru akan menjebakmu pada setumpuk hutang yang membuatmu sulit bergerak. Maka dari itu, jangan sekali-kali pakai kartu kredit kamu untuk cicilan ini yah :

  • Cicilan KPR

Meskipun kamu pengen banget punya rumah, tapi jangan memaksakan diri untuk membayar uang muka cicilan KPR dengan kartu kredit. Karena tingginya bunga kartu kredit disertai jangka waktu membayar kredit yang pendek malah akan membuat kamu sulit melunasinya. Yang ada, kamu malah berhutang besar pada bank. Daripada mengandalkan kartu kredit, lebih baik kamu berinvestasi dini supaya persiapan dana lebih matang dan kamu pun tidak kehabisan uang.

  • Cicilan Kendaraan

Bergaya itu tidak masalah, tapi pastikan kamu membeli kendaraan sesuai dengan kebutuhan. Dalam pembayaran uang muka, sangat disarankan supaya kamu tidak membayarnya dengan kartu kredit. Hal tersebut akan mengganggu anggaran keuangan bulananmu karena dipastikan kamu akan tekor dalam membayar bunga per bulannya. Sebaiknya, pastikan kamu memiliki tabungan yang cukup atau cairkan dana investasimu untuk menutup cicilan tersebut.

  • Biaya Pendidikan

Jangan sedih karena tingginya biaya pendidikan, karena sekarang sangat banyak penawaran beasiswa dari macam-macam institusi. Ini akan menolong kamu untuk bersekolah tanpa harus menggunakan kartu kredit. Cukup cari tahu sekolah mana yang ingin kamu tuju, ikuti syaratnya dan optimis bahwa kamu bisa lolos seleksinya.

  • Biaya Pernikahan

Karena mengikuti orang tua dan gengsi yang tinggi, beberapa dari kamu mungkin mati-matian banget untuk mewujudkan keinginan tersebut supaya tidak jadi bahan omongan keluarga. Jika kartu kredit adalah solusi dari masalah tersebut, salah banget! Karena resikonya yang besar dan takutnya malah akan membebani kehidupanmu pasca pernikahan. Lebih baik kamu membuat pesta pernikahan dengan konsep minimalis yang mengesankan daripada besar-besaran tapi malah buat hidup tak tenang.

  • Biaya Kesehatan
SEE ALSO :   Lama Berangkat Umroh? Mungkin Kamu Nggak Kepikiran Ini

Kita memang tidak pernah tahu kapan sakit menyerang kita. Oleh karena itu, daripada mengandalkan kartu kredit lebih baik kamu menyerahkannya pada asuransi kesehatan. Selain bisa tercover dengan baik, biayamu juga akan ditanggung oleh asuransi berdasarkan fasilitas atau program yang kamu pilih.

 

Di sisi lain, kartu kredit bisa membuatmu bersyukur karena punya beragam manfaat jika kamu benar dalam menggunakannya, yaitu:

  • Layanan gratis

Mungkin kamu pun belum menyadari hal ini, tapi kartu kredit benar-benar bisa memberimu layanan gratis dengan persyaratan dan batasan per tahunnya misalnya akses masuk airport lounge, menginap di hotel di berbintang, asuransi perjalanan gratis dan lain sebagainya

  • Layanan prioritas

Jika kamu lagi ke acara konser, nonton film atau ke tempat hiburan cobalah cek logo kartu kredit kamu karena biasanya penyelenggara memberikan jalur prioritas ke pemegang kartu untuk pemesanan dan pembelian tiket. Beberapa kartu kredit memang memberikan manfaat ini sepanjang tahun, jadi sering-sering layanan kartu kamu yah.

  • Banyak Promo

Jangan sepelekan promo yang biasanya dibuat oleh penerbit kartu kreditmu, karena ternyata bisa menghemat banyak pengeluaran kamu dibanding berbelanja menggunakan cash

  • Cicilan 0%

Kartu kredit bisa membantu kamu mendapatkan barang yang benar-benar kamu inginkan dengan mudah, cepat dan cicilan tanpa bunga selama 6 bulan sampai setahun. Tapi pastikan kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut ya, bukan karena tergiur oleh angka 0%-nya

  • Rewads

Selain menggunakan, kamu bisa mendapatkan berbagai penawaran rewards dari penerbit kartu kreditmu, contohnya berupa hadiah langsung, cashback, bebas iuran taunan hingga poin yang bisa kamu tukarkan dengan produk tertentu

  • Transaksi mudah di luar negeri

Jika kamu malas menukarkan uang atau membawa cash, kamu bisa mengandalkan kartu kredit. Lebih praktis dan aman kan? Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan diskon hotel hingga promo restoran saat travel yang membantumu menghemat pengeluaran

Yuk gunakan kartu kreditmu secara bijak dan jangan lupa sebisa mungkin jangan menumpuk utang karena akan membuat bunga kartu yang harus kamu bayar makin tinggi. Sayang uangmu kan jika kelebihannya cuma buat bayar kartu kredit, lebih baik untuk investasi. Hasil jelas, untung pun juga besar.