Istilah Reksadana Ribet? Ini Kamus Gampangnya!

Reksadana telah menjadi investasi menarik saat ini buat anak muda. Ini menandakan bahwa kesadaran investasi di kalangan muda semakin baik. Bagi kamu sebagai orang awam di dunia perbankan biasanya agak susah untuk memahami beberapa istilah reksadana. Ini bisa membuat semangatmu merosot karena keribetan tersebut. Di bawah ini adalah kamus gampang yang kita buat supaya kamu tidak pusing lagi memahami reksadana.

 

  1. Initial public offering (IPO)

Perusahaan menjual atau menawarkan saham perdana kepada publik dimana saham-saham tersebut nanti akan dicatat di bursa efek

  1. Capital Gain

Sering banget kan denger istilah ini? Artinya adalah keuntungan yang kamu dapat dari selisih positif poin antara harga beli dan harga jual. Gampangnya, harga jual reksadana kamu lebih tinggi daripada harga beli, dan sebaliknya dinamakan Capital Loss

  1. Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Angka yang menyatakan besarnya dana yang dikelola oleh reksadana

  1. Nilai aktiva bersih per unit penyertaan (NAB/UP)

Angka yang menyatakan harga sebuah reksadana.

  1. Manajer Investasi

Manajemen professional, bisa perusahaan atau perorangan yang berwenang mengelola berbagai sekuritas, salah satunya adalah reksadana. Mereka memiliki kewajiban untuk menghitung dan melaporkan investasi kepada kamu sebagai investor berkaitan dengan berapakah nilai investasi reksa dana yang ada di bursa setiap harinya.

  1. Unit Penyertaan (UP)

Ini adalah sebutan untuk satuan dalam reksadana. Misalnya saat kamu membeli reksadana, maka kamu membeli UP dari Manajer Investasi.

  1. Transaksi Switching

Transaksi yang disebabkan karena ada pengalihan dari reksadana yang satu ke lainnya seluruh unit ataupun sebagian tergantung dari keputusan investor. Dalam hal transaksi pengalihan reksadana, Manager Investasi memiliki kebijakan sendiri namun, transaksi pengalihan reksadana ini harus diketahui oleh prospektus karena tidak semua jenis produk reksadana diizinkan.

  1. Prospektus
SEE ALSO :   Menggulung Pakaian Bukan Hanya Untuk Backpakckers

Sebuah gabungan antara profil perusahaan dan laporan tahunan sehingga menjadikan dokumen tersebut penting bagi perusahaan atau lembaga untuk memberikan gambaran nilai saham perusahaan tersebut untuk ditawarkan ke publik untuk dijual.

  1. Subscription and redemption 

Subscription adalah biaya untuk membeli reksadana, sedangkan redemption adalah biaya untuk menjual reksadana

  1. Management Fee

Dana yang diberikan ke pihak yang mengelola reksadana, misalnya biaya jasa manajer investasi, akuntan publik, notaris dan sebagainya

Gak seribet yang dibayangkan kan ternyata? Semoga bisa membantumu dalam berinvestasi yah! Jika ingin memulai investasi yang mudah bagi pemula, coba kamu kunjungi Moinves.