Jago Reksa Dana Dengan Strategi Ini

Kesadaranmu akan pentingnya berinvestasi telah membawa pergerakan baik bagi Indonesia. Dikutip dari Tribun News Online, Direktorat Pengelolaan Investasi Otoritas Jasa Keuangan mengatakan bahwa telah terjadi kenaikan pertumbuhan investasi Reksa Dana di tahun ini sebesar 15%. Ini menjadi berita baik ditengah masih sangat rendahnya tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia yaitu sekitar 29,66% di tahun 2016 kemarin.

Nggak cuma berinvestasi, tapi kamu sangat berpeluang bisa meningkatkan perolehan Reksa Dana dengan sejumlah strategi dibawah ini yang mungkin belum kamu tahu:

  • Lump Sum

Cara dimana dana kamu diinvestasikan seluruhnya di awal sehingga kamu tidak perlu menambahkan uang lagi. Jika kamu bisa masuk saat harga sedang murah atau diskon, disini potensimu untuk mendapatkan keuntungan cukup besar. Namun cara ini juga punya kelemahan yaitu saat kamu salah memilih waktu pembelian misalnya ketika harga sangat tinggi atau pasar dalam kondisi crash.

  • Dollar Cost Averaging (DCA)

Misalnya kamu ingin investasi setiap Rp. 300,000 per bulan, maka kamu bisa menggunakan fungsi auto debet atau investasi secara otomatis yang akan ditarik dari kartumu. Strategi ini cocok jika kamu sebagai calon investor tidak punya modal awal yang besar. Tapi kamu perlu berhati-hati dan rajin cek harga Reksa Dana supaya kamu bisa antisipasi kerugian jika harga sedang jatuh

  • Value Cost Averaging (VCA)

Meskipun hampir mirip dengan DCA, yang membedakan adalah jumlah dana bulanan yang disetorkan dan unit per bulan yang telah kamu tetapkan oleh Manajer Investasi.

Lebih mudahnya begini:

  • DCA

Modal awalmu adalah Rp. 400,000 dengan harga Reksa Dana bulan April adalah Rp. 2000,00, maka kamu bisa mendapatkan unit Rp. 400,000 / Rp. 2000 = 200 unit

  • VCA
SEE ALSO :   Krisis Saldo ATM. Kenali dan Atasi.

Unit yang telah ditentukan adalah 500, jika harga Reksa Dana adalah Rp. 2000,00 maka yang harus kamu setorkan yaitu 500 unit x Rp. 2000 = Rp. 1,000,000

Yuk mulai perseru permainan Reksa Danamu dengan mengaplikasikan strategi diatas, tentunya yang sesuai kebutuhan yah supaya bisa peroleh keuntungan yang optimal. Bagi kamu yang ingin mencoba Reksa Dana tapi belum mendaftar, kamu bisa mengawalinya dari Reksa Dana Pasar Uang. Kunjungi Moinves untuk memulai.