Mau Traveling Irit Tiap Bulan? Gini Caranya

Guys hawa liburan akhir tahun udah mulai tercium nih, ada rencana mau kemana? Jika kamu ingin pergi ke luar negeri, coba deh mulai cari bulan dan harga yang baik supaya kamu bisa tetap hemat disini. Tapi bila danamu masih kurang dan pengen banget traveling, penulis punya cara jitu agar bisa jalan-jalan bahkan tiap bulan dengan budget irit ke berbagai tempat. Ini dia!

  • Bikin plan dan target tujuan yang jelas

Jalan-jalan itu gak harus selalu ke tempat yang jauh-jauh kok. Kamu bisa lho menjelajah kota tempat dimana kamu tinggal saat weekend dari segi objek wisata hingga kuliner. Misalnya ke Kota Tua dan mengunjungi museum wayang disana, atau kalo kamu pengen melihat laut terdekat, Kepulauan Seribu bisa jadi solusinya. Jangan lupa ajakin temen-temen kamu biar makin seru dan ciptakan momentmu

  • Jadwalkan liburanmu minimal 3 bulan sebelumnya

Jika ingin berpergian yang lebih jauh, kamu tentu perlu merencanakan jauh hari untuk menentukan budget serta mensiasati jatah cuti yang pelit buat kamu yang sudah bekerja. Gak cuma biaya, tapi tentukan juga tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi serta transportasi menuju kesana agar tidak membuang waktu dan uang.

  • Nebeng ke Kampung Halaman Teman

Inilah kegunaan dari banyak teman, yaitu kamu bisa ikut mereka ketika pulang ke rumah dan menjelajahi kampung halamannya. Selain tahu tempat baru, kamu pun bisa hemat di biaya penginapan dan makan karena bisa jadi ditanggung oleh temanmu. Tapi jangan lupa bersikap baik dan sopan yah selama di sana, supaya keluarga temanmu senang dan bisa menerima kehadiranmu di lain waktu. Tuh makin bisa hemat kan!

  • Ikut Open Trip
SEE ALSO :   Hayo, Pilih Gaji Besar atau Kerja Sesuai Passion?

Ini memang salah satu cara untuk menekan biaya pengeluaran karena memang pergi ramai-ramai jauh lebih murah dibanding pergi sendiri, apalagi jika kamu bergabung dengan komunitas traveling. Cara ini juga mempermudah kamu yang punya kesibukan tinggi karena kamu hanya tinggal membawa diri dan menyiapkan sejumlah dana, sementara keperluan lainnya sudah disiapkan oleh penyelenggara.

  • Ambil cuti di hari Jumat Sebulan Sekali

Selain menanti Long Weekend, kamu bisa mengandalkan hari Jumat untuk pergi jalan-jalan. Ini bisa memberimu waktu lebih lama untuk berkeliling. Tapi pastikan pekerjaan dan performance kamu ternilai dengan baik di hadapan atasan, yah. Supaya ijin cutimu mudah diterima.

  • DP hotel dan beli tiket di awal bulan

Nah poin terakhir sering banget penulis lakukan lho! Kenapa begitu? Karena kita tidak punya alasan lagi untuk menunda pergi, kecuali kita mau kehilangan uang sia-sia. Penulis sih gak mau, jadi ya pasti akan berangkat dong. Percaya deh cara ini emang ampuh banget buat menghindari wacana palsu pergi liburan. Tapi yang paling penting sudah harus ada ijin dari orang tua atau kantor yah, supaya kamu bisa berlibur dengan tenang.

Tuh bisa kan ternyata liburan tiap bulan dengan budget hemat. Kalo mau lebih irit, kamu harus mengajak teman agar pengeluaran bisa dibagi-bagi. Sementara penulis lebih suka solo traveling. Memang nggak kesepian? Jika kamu ingin menikmati waktu sendiri, cara ini cocok banget. Lagipula kamu pun juga bisa bertemu orang baru dengan pengalaman yang lebih seru. Yuk rencanakan jalan-jalanmu dengan pintar, dan jangan lupa tetap sisihkan gaji untuk investasi yah, supaya bisa meningkatkan kualitas hidup dan liburanmu.