Nyangka Nggak Kalo Dia Ini Financial Advisor Terbaikmu?

Di usia menuju dewasa, merasa gak sih jika kamu mulai memiliki keinginan untuk menjadikan uang jerih payahmu menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi jangka panjang. Pengennya sih mengelola uang sendiri, tapi sayangnya tidak semua dari kita khususnya laki-laki bisa merencanakan keuangan dengan baik. Maka dari itu, mungkin orang terdekat kita menyarankan untuk memiliki financial advisor. Siapakah dia?

 

Ia adalah tenaga professional yang membantumu untuk mengelola keuangan dengan memberikan nasihat tentang berbagai masalah keuangan seperti investasi, rencana rumah dan lain-lainnya. Keuntungannya tentu mereka akan memberikan saran serta mewujudkan impianmu melalui perencanaan keuangan yang lebih tertata. Sosok seperti apakah yang ada dibenakmu ketika menyebut financial advisor? Coba kami tebak. Tentu berpengalaman, mungkin orang tua dan barangkali sudah berambut tipis, karena keuangan adalah perihal sensitif, biasanya orang akan mencari sosok seperti itu dilihat dari pengalaman serta sertifikasi.

 

Forbes Online mengatakan jika pria lebih banyak menjadi financial advisor ketimbang wanita dengan presentase hanya 23%. Ini dikarenakan, selain pria lebih banyak memiliki Certified Financial Planner (CFP), gender juga merupakan masalah dari hal ini. Padahal perempuan juga memiliki keunggulan untuk mengatur keuangan.

 

Perlu kamu tahu bahwa financial advisor adalah partnermu dalam perencanaan. Sebagai partner, kalian harus saling terbuka dan memahami supaya tidak ada miss komunikasi untuk menentukan tujuan. Nah, siapa sih orang yang menjadi partner dan paling mengerti kamu? Yak, teman hidupmu atau bisa disebut istri kamu! Istri bisa menjadi financial advisor terbaikmu karena ia yang paling memahami akan dirimu secara pribadi, kebutuhan hingga mimpi-mimpi di hari tua. Selain itu, ada 5 alasan mengapa perempuan atau seorang istri patut dijadikan sebagai financial advisor:

SEE ALSO :   Tips Nikah Hemat Dengan Konsep Unik Tapi Nggak Murahan

 

  • Perbedaan cara berpikir perempuan

Secara naluriah, perempuan memiliki empati dan kekuatan mendengarkan yang baik. Selain itu, berdasarkan penelitian dari Ragini Verma, PhD, seorang profesor di departemen radiologi di Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, otak wanita berkemampuan untuk memfasilitasi komunikasi antara analitis dan intuisi.

Mungkin inilah yang membuat perempuan handal dalam menyusun anggaran rumah tangga, bukan hanya dari apa saja yang menjadi pengeluaran sehari-hari tapi mereka juga mampu memperkirakan biaya-biaya yang sekiranya akan dibutuhkan dalam keadaan terdesak.

 

 

  • Fokus pada tujuan

Menurut Cheryl J. Sherrard, CFP, Direktur Perencanaan, Clearview Wealth Management, Charlotte, N.C, perempuan berkemampuan melihat bagaimana satu tujuan mempengaruhi keseluruhan perencanaan. Mereka berfokus pada stabilitas dan gambaran besar hal menguntungkan, dengan hasil yang lebih berkelanjutan sehingga pada akhirnya membantu mereka mencapai tujuan.

Perempuan akan menyisihkan dana atau gaji suami untuk berinvestasi karena mereka menyadari bahwa itulah yang bisa membantu meningkatkan taraf hidup keluarga serta mempersiapkan hari tua.

 

  • Bijak pada prioritas

Anggaran rumah tangga yang dibuat selain sebagai catatan pengeluaran, juga bertujuan menentukan skala prioritas. Perempuan juga berusaha untuk membuat keseimbangan hidup dalam keluarga antara bekerja hingga tujuan hidup. Mary Beth Storjohann, CFP, Founder Workable Wealth, San Diego, California mengatakan bahwa perempuan memiliki akuntabilitas yang sangat kuat sehingga mereka akan lebih termotivasi dalam menjaga stabilitas keuangan dan harmonisasi keluarga.

 

Udah gak ragu lagi kan sama kemampuan istri kamu karena ternyata diam-diam mereka jago lhoh dalam merencanakan keuangan. Yuk segera rencanakan keuangan dan wujudkan impian kalian bersama. Dan jangan lupa segera investasi untuk mempercepat pertumbuhan keuangan keluarga kamu.