,

Temen kaya gini yang bikin kamu bangkrut

Orang bilang kalo masa muda adalah masa yang sangat produktif untuk mencari uang. Yes bener banget! Karena kita masih memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mengembangkan diri dari skill hingga ilmu pengetahuan yang nantinya bisa menghasilkan pundi-pundi berlimpah. Gak heran jika kamu pun juga dituntut untuk bisa mengelola keuangan dengan baik.

 

Kenapa sih manajemen uang itu penting? Dari tata kelola keuangan yang baik dan perencanaan matang bisa meringankanmu dari ketakutan finansial serta mendukung terwujudnya tujuan hidup kamu. Lagipula, hal tersebut juga merupakan cerminan tanggung jawab terhadap diri sendiri dan masa depan.

 

Sayangnya, sifat konsumtif yang menguasai dirimu menghambat keinginan untuk menata keuangan. Ditambah pengaruh teman dan lingkungan yang memaksamu untuk terhanyut dalam rutinitas yang kurang penting. Sebagai makhluk sosial, berteman memang penting tapi kamu juga perlu memahami karakter dari teman-teman kamu, karena beberapa dari mereka bisa jadi malah memanfaatkan kondisi finansialmu.

 

Ini jenis teman yang perlu kamu hindari agar kamu nggak bangkrut:

  • Tukang Ngutang

“Dipinjemnya kapan, dibalikinnya kapan.” Ini adalah hal klasik yang sering kita alami. Niat baik kita untuk membantu teman, terkadang malah tidak dihargai dan malah merugikan. Karena mereka memiliki kebiasaan yang kurang baik, maka kita perlu strategi menghadapi agar tidak menyinggung perasaannya.

Gimana caranya? Kamu gak perlu meminjamkan jumlah uang sesuai keinginan mereka, cukup semampunya saja. Lalu sediakan timeline untuk pengembalian uang. Jika mereka tepat janji, kamu bisa memberi bantuan lebih di lain hari, tapi jika ingkar janji setidaknya kamu tidak akan mengulanginya dan bisa mengikhlaskan pemberianmu itu.

 

  • Miss Shoppaholic

Diakui bahwa sale pertokoan yang terdapat di tiap akhir hingga awal bulan jadi magnet keseruan untuk belanja, apalagi bersama teman. Tapi, mengikuti kebiasaan atau pengaruh teman untuk berbelanja malah akan menyusahkan keuangan kita. Ciri-cirinya paling gampang, mereka pasti lebih memilih menggunakan kartu kredit daripada uang cash, karena mungkin sebenarnya mereka emang lagi bokek. Ini yang bikin gaji kamu sulit dinikmati dalam jangka waktu lama karena biasanya cepat habis di awal bulan karena kurang kendali berbelanja.

SEE ALSO :   Hemat Pengeluaran Rumahmu Pake Cara Ini

Kalo ngehindari mereka sulit, kamu bisa kok buat mengambil dan nyembunyiin kartu kredit mereka agar mereka gak jadi belanja. Tapi jangan lupa perhatiin dompet kamu juga ya, siapa tau mereka malah ngambil balik kartu debit bahkan kredit kamu.

 

  • Sok Kaya (Perlente)

Jenis teman seperti ini biasanya akan gemar memamerkan harta dengan lifestyle berlebihan pada siapapun sehingga cenderung bisa menimbulkan efek negatif untuk lingkungannya. Kamu pun bisa terpengaruh untuk memiliki gaya hidup yang ternyata tidak sesuai dengan kantongmu. Ini bisa berakibat pada memburuknya manajemen keuanganmu lalu berujung pada hutang.

Cara untuk nyelametin kamu dari orang kayak gini, adalah kamu perlu disiplin diri untuk tidak boros dan ajaklah dia untuk menginvestasikan kekayaannya selagi muda, misalnya dengan reksadana supaya uang yang dimiliki berputar secara sehat.

Banyak teman memang menyenangkan, tapi kamu juga perlu selektif dalam bergaul supaya hidupmu lebih banyak dikelilingi energi positif. Dan selalu ingat pentingnya menabung serta investasi untuk mempersiapkan masa depan terbaik .